About

Tentang IGOS Nusantara

IGOS Nusantara disingkat IGN adalah sistem operasi dengan perangkat lunak legal, handal dan tanpa membayar lisensi untuk pengguna di Indonesia. IGOS Nusantara dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama dengan komunitas. IGOS Nusantara secara konsisten dikembangkan sejak tahun 2006. Setiap tahun dikeluarkan versi baru. Versi pertama dirilis tahun 2006 memakai nama IGN 2006 (R1), lalu IGN 2007 (R2), IGN 2008 (R3), IGN 2009 (R4), IGN 2010  (R5) dan IGN 2011 (R6). Mulai rilis ketujuh atau R7, IGOS Nusantara tidak memakai kode tahun. Sejak IGN 8.0, selain versi 32bit juga tersedia versi 64bit. Tahun 2014 tersedia rilis sepuluh atau IGN X.

Fitur Utama IGOS Nusantara

IGOS Nusantara dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak baru. Kernel sebagai inti sistem operasi pada IGN telah menggunakan Kernel Linux yang mutakhir. IGN X.0 telah memakai kernel Linux versi 3.17.3.

Berikut ini beberapa paket atau aplikasi yang ada di IGOS Nusantara:

  • Aplikasi Perkantoran: LibreOffice
  • Aplikasi Grafis: Gimp, Inkscape, Blender
  • Aplikasi Internet: FireFox, Pidgin, Thunderbird
  • Aplikasi Multimedia: Gnome Player, XMMS, Audio Mixer, VLC
  • Aplikasi Bantu: GParted, k3b, brasero, ntfs-3g

Kelebihan IGOS Nusantara

IGOS Nusantara memiliki beragam kelebihan, antara lain:

  • Pengembangan yang konsisten, tiap tahun tersedia versi baru
  • Pengembangan dilakukan oleh LIPI bersama komunitas open source Indonesia
  • Menggunakan Bahasa Indonesia
  • Tampilan (grafik, ikon, kertas dinding) bernuansa Indonesia
  • Tersedia beragam pilihan media: LiveCD, DVD instalasi, LiveUSB
  • Tersedia pilihan Desktop: Cinnamon, GNOME Classic, GNOME3, KDE, LXDE, MATE, OpenBox, XFCE
  • Tersedia server repositori yang terhubung di IIX
  • Tersedia beragam media untuk bantuan ke pengguna: Milis, Forum, Wiki, Buku Panduan, Surat Elektronik
  • Tersedia hampir 100 panduan yang ada di IGOS Nusantara Wiki (IGNwiki)
  • Interaksi cepat melalui penggunaan media sosial: Halaman dan grup IGOS Nusantara di Facebook
  • Tersedia versi 64bit sejak IGOS Nusantara R8.0
  • IGOS Nusantara Desktop dapat dijadikan sebagai server (pilih instalasi minimal/konsol/terminal lalu pasang paket server)
  • Tersedia versi IGOS Nusantara untuk Server. Tersedia rilis awal dengan nama IGOS Nusantara X9
  • Tersedia versi IGOS Nusantara untuk Sistem Informasi Geografis yaitu IGN OpenGeo
  • Tersedia distro turunan IGOS Nusantara, yaitu Distro ITS Emas, IGNiter
  • Berukuran ringkas, satu LiveCD berisi sistem operasi, aplikasi perkantoran, multimedia, internet, permainan dsb.
  • Kontribusi pengembangan IGOS Nusantara didukung beragam pihak/instansi
  • Komunitas pengguna IGOS Nusantara cukup aktif
  • Telah dipakai dibeberapa kegiatan/pertemuan regional, saat seminar, kampus, Pemda, dsb.
  • Beberapa versi IGOS Nusantara telah disertakan/bundle di majalah, tabloid komputer.

Pengguna IGOS Nusantara

IGOS Nusantara dapat dipakai oleh pengguna yang sehari-hari bekerja di depan komputer dengan berbagai latar belakang. Pengguna komputer dapat memakai IGN untuk menjaga data mereka, karena sistem operasi IGN kebal terhadap beragam virus dan memiliki mekanisme atau pengaturan keamanan yang baik. Berbagai aplikasi yang disiapkan pengembang IGN  mampu menjawab beragam kebutuhan pengguna dari berbagai kalangan, seperti pengguna umum, sekretaris, profesional, desainer grafis, mahasiswa, pelajar, dan lain-lain.

Persyaratan Perangkat Keras

Perangkat keras yang diperlukan  untuk menjalankan sistem IGN adalah:

  • Processor Intel, AMD, Cyrix atau VIA dengan kecepatan setara Pentium III, disarankan setara Pentium IV atau diatasnya.
  • IGN2006 sampai IGN2010 perlu RAM minimal 128 MB, disarankan >= 512 MB, RAM lebih besar akan lebih baik.
  • IGN7, IGN8, IGN9, IGNX dan IGN terbaru disarankan RAM >= 1GB
  • Untuk instalasi ke harddisk perlu partisi kosong minimal 8 GB, disarankan >= 20 GB
  • Untuk instalasi perlu CD/DVD ROM atau memakai boot memakai USB Flash Disk
  • Kartu VGA dengan RAM minimal 4 MB, sebaiknya RAM >= 16 MB
  • Opsional perlu: Kartu Suara, Kartu Jaringan, Wifi
  • Monitor CRT, LCD atau LED dengan resolusi minimal 1024×600
  • Keyboard dan Tetikus (mouse)

Terkait komputer yang dipakai pengguna: bila pengguna memiliki komputer dengan RAM kurang dari 1GB disarankan memakai  IGN2010, sedangkan bila memiliki komputer dengan RAM 1 GB >= disarankan memakai IGN8, IGN9, IGNX atau IGN terbaru.

IGOS Nusantara LiveCD, IGN LiveDVD, IGN DVD instalasi dan IGN Minimal

IGOS Nusantara tersedia dalam beberapa jenis antara lain (1) IGN DVD Instalasi + Repositori, (2) IGN LiveCD mini (3) IGN LiveCD full (4) IGN LiveCD GNOME, (5) IGN LiveDVD dan (6) IGN Minimal atau Konsol/Terminal. Penyediaan IGOS Nusantara dalam beberapa jenis ini untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. IGN LiveCD mini dipakai untuk browsing dan memainkan berkas audio dan video. IGN LiveCD full berisi paket yang ada di IGN LiveCD mini ditambah dengan beberapa aplikasi lainnya. Pengguna umum disarankan memakai LiveCD full atau LiveDVD.

IGOS Nusantara LiveCD dan LiveUSB

IGN LiveCD dan IGN LiveUSB dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan instalasi atau pemasangan ke harddisk. Penggunaan IGN LiveCD cukup mudah, masukkan IGN LiveCD ke CDROM Drive, lalu lakukan booting dari IGN LiveCD. Setelah IGN LiveCD memunculkan Desktop, pengguna dapat langsung melakukan aktifitas mengetik, memutar file audio dan video, mengakses Internet dan sebagainya. Jika pengguna ingin memasang LiveCD ke harddisk, tersedia aplikasi “Instal ke Hard drive” yang akan melakukan proses instalasi dari harddisk.

IGOS Nusantara DVD instalasi + repositori

IGN DVD instalasi + repositori berisi beragam aplikasi. Untuk IGN2009 DVD Installer ada 3839 file, sedangkan IGN2011 DVD instalasi lebih dari 4500 file. Aplikasi dapat dipilih dan dipasang sesuai kebutuhan. Kapasitas DVD yang terisi lebih dari 4.0 GB.

IGOS Nusantara DVD instalasi berfungsi untuk melakukan instalasi ke harddisk dan sekaligus sebagai gudang aplikasi atau repositori. DVD instalasi menyediakan beragam pilihan instal, pilihan instalasi default (paling atas atau nomor satu) akan memasang paket atau aplikasi seperti yang ada di LiveCD, pilihan default ini akan menghasilkan sistem yang hampir sama dengan proses instal dari LiveCD. Pilihan berikutnya di DVD instalasi adalah instal memakai desktop GNOME Plus, KDE, dan LXDE. Pilihan GNOME Plus akan memasang aplikasi seperti pada pilihan default ditambah aplikasi lainnya.

IGOS Nusantara DVD instalasi dapat dipakai sebagai repositori lokal. Setelah selesai melakukan instalasi dari LiveCD atau dari DVD instalasi, masukkan IGN DVD ke DVD Drive. Pada saat IGN DVD dimasukkan, secara otomatis akan dimuat (mount) dan siap digunakan untuk menambah aplikasi. Penambahan aplikasi dapat dilakukan dari konsol dengan memakai perintah yum, sedangkan dari GUI memakai aplikasi Yum Extender (Yumex) dan GNOME Package Kit (GPK). Di IGN2011 yumex ada di menu Aplikasi -> Perkakas Sistem -> Yum Extender, sedangkan GPK ada di menu Aplikasi -> Perkakas Sistem -> Tambah/Hapus Piranti Lunak.

IGOS Nusantara Mini

IGOS Nusantara awalnya dirancang sebagai sistem operasi untuk Desktop. Saat ini IGOS Nusantara dapat juga dipasang sebagai sistem operasi server. Admin server yang terbiasa bekerja melalui konsol atau terminal dapat memasang IGOS Nusantara Mini (versi konsol atau terminal). Pilihan instalasi konsol ini hanya memasang aplikasi sekitar 200-an berkas rpm, atau kurang dari 20% jumlah berkas rpm yang terpasang di LiveCD. Setelah instalasi versi konsol selesai dan melakukan booting ulang, komputer server selanjutnya dapat ditambah aplikasi server yang telah tersedia di repositori.

Kontributor IGOS Nusantara
Personil yang berperan atau kontributor dalam pengembangan IGOS Nusantara sejak tahun 2006 sampai saat ini cukup banyak. Personil yang dicantumkan berikut ini terlibat dalam hal teknis, non teknis, promosi, penyebaran, sosialisasi, workshop, fotografer, sukarelawan, instruktur, bantuan konsultasi, nara sumber dan sebagainya.

Kontributor IGOS Nusantara sejak 2006 sampai sekarang. Beberapa personil masih aktif dalam pengembangan, sebagian lagi sudah tidak terlibat. Daftar kontributor diurutkan menurut abjad:
+ Afief Sholichuddin
+ Agus Sediadi
+ Ana Heryana
+ Anang Safroni
+ Arif Eko Pratono
+ A. Samsul Amar
+ Darius Kabanga
+ Devi Munandar
+ Didi Rosiyadi
+ Ekasari Nugraheni
+ Engkos Koswara
+ Esa Prakasa
+ Furqon
+ Haryanto
+ I Putu Agus Eka Pratama alias Putu Shinoda
+ Eka Tresna Irawan alias Ibnu Yahya alias anak10thn
+ Kemal Prihatman
+ Koespradono
+ Kusmayanto Kadiman
+ Mgs. Hendri
+ Muchlis Pasihu
+ Muhammad Amin
+ Nana Suryana
+ Nuryani
+ Raditè Putut. W
+ Rusmanto Maryanto
+ Sandra Yuwana
+ Taufiq Wirahman
+ Tigor Nauli
+ Wawan Wardiana
+ Wayan Sudiarnata
+ Yeni Kusumawati

Jika ada nama yang terlewat dan perlu ditulis, silakan kirim nama kontributor ke: bantuan [at] igos-nusantara.or.id

.
0