Unduh

ISO image IGOS Nusantara (IGN) saat ini telah ada IGOS Nusantara 2006 (IGN2006), IGN2007, IGN2008, IGN2009 IGN2010, IGN2011, IGN R7, IGN R8 dan versi baru berikutnya. Server utama ada di:
http://repo.igos-nusantara.or.id/
http://repo.informatika.lipi.go.id/

Cermin (mirror)
http://ign.idrepo.or.id/
http://repo.unnes.ac.id/iso/ign/
http://repo.ugm.ac.id/iso/igos/

ISO image IGN masing-masing berukuran besar, jika kesulitan mengunduh, IGN dapat diperoleh dengan cara lain:

  1. Majalah ada yang menyisipkan atau memasukkan IGN, saat ini majalah yang telah memasukkan IGN adalah Majalah Infolinux dan PCMedia.
  2. Pesan dari Toko Online. Toko akan mengenakan biaya untuk pembelian CD dan pengiriman ke alamat pemesan. Penyedia CD Linux di Indonesia yang telah menyediakan IGN diantaranya:
    Toko Baliwae: http://toko.baliwae.com/
    Gudang Linux: http://gudanglinux.com/

 

Membuat Mirror IGOS Nusantara

Pengelola atau admin server yang ingin membuat cermin IGOS Nusantara dapat melakukan sinkronisasi dengan memakai lftp. Saat ini rsync belum dapat diaktifkan lagi. Repositori utama IGOS Nusantara ada di http://ftp.lipi.go.id/ign/

Misal berkas dari repositori IGOS Nusantara akan disimpan di direktori /home/repo/ign/ lakukan:

# lftp -c mirror http://ftp.lipi.go.id/ign/  /home/repo/ign/

Ukuran seluruh repositori IGOS Nusantara lebih dari 200 GB. Proses sinkronisasi pertama kali akan memerlukan waktu cukup lama. Selanjutnya kami berharap pemilik server membuat jadwal sinkronisasi otomatis (crontab) ke repositori IGOS Nusantara satu hari sekali atau seminggu sekali. Opsi atau parameter lftp ditambah “–delete-first” supaya menghapus berkas lama yang ada di harddisk lokal, yaitu:

# lftp -c mirror –delete-first http://ftp.lipi.go.id/ign/  /home/repo/ign/

.