Distro Karya Anak Bangsa Yang Patut Dibanggakan

IGOS Nusantara (IGN) adalah distro open source yang dikembangkan sejak tahun 2006 sampai saat ini. IGN dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI dan dibantu oleh pengembang/kontributor dari komunitas open source di Indonesia. Sejak awal kemunculan, beragam penilaian positif untuk IGN telah diberikan oleh beragam media dan institusi. Penilaian ini membuat pengembang dan kontributor semakin terpacu untuk membuat IGN semakin baik.

Penilaian atau komentar positif untuk IGN sebagai “distro karya anak bangsa yang patut dibanggakan” diperoleh untuk IGOS Nusantara versi 8.0. Penilaian ini[1] antara lain didasarkan pada:

  1. Penggunaan kernel yang semakin tangguh dan handal
  2. Distro yang mudah dan menarik untuk dipakai
  3. Tampilan yang cantik
  4. Dukungan boot untuk perangkat yang menggunakan UEFI
  5. Integrasi beberapa aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari
  6. Ada delapan desktop environment yang dapat dipilih/dipakai
  7. Memiliki banyak aplikasi tambahan

Penilaian positif tersebut diberikan oleh salah satu majalah komputer terkenal dan terbesar[2] di Indonesia, yaitu Majalah InfoKomputer. Selain memberikan penilaian positif, Majalah InfoKomputer edisi November 2012 [3] juga menyertakan ISO image IGN8 LiveDVD versi 32 bit. Tersedianya IGN8 dalam DVD InfoKomputer akan membantu (calon) pengguna IGOS Nusantara yang memiliki keterbatasan untuk mengunduh ISO image yang berukuran besar.

Sumber:
[1] Majalah InfoKomputer Edisi November 2011
[2] InfoKomputer tiap edisi terbit sebanyak 55 ribu eksemplar, sumber WikiPedia
[3] Halaman di Majalah InfoKomputer berisi informasi tentang IGOS Nusantara akan menyusul ditampilkan

You can leave a response, or trackback from your own site.

9 Responses to “Distro Karya Anak Bangsa Yang Patut Dibanggakan”

  1. rahasia says:

    Gan, kalo boleh tau igos ini turunan dari distro apa ya?

  2. dinkesta says:

    Kami ikut bangga pak, kami sudah menggunakan lima unit. Rencana jika bisa untuk aplikasi sikda maka os akan menggunakan igos. tetapi masih terkendala instalasi aplikasi ke igos. Aplikasi saya letakkan di /var/www/html/sikda. mestinya menggunakan navicat cuma tidak bisa install dg yum. saya pakai workbench agak bingung.

  3. dinkesta says:

    aplikasi saat diwindows pakai zend server. diigos juga bisa cuma saat saya harus mengubah date.timezone=Asia/Jakarta; pada file php.ini. saya bingung posisi filenya dimana. Jika di windows msk dlm folder zend. Mohon pencerahannya

    • ns says:

      Pengaturan timezone dapat dilakukan melalui:
      1. Konfigurasi di /etc/php.ini, tambahkan:

      [Date]
      date.timezone = “Asia/Jakarta”

      2. Ubah dari skrip php

      date_default_timezone_set(‘Asia/Jakarta’);
      echo date(“D M j G:i:s T Y”);

      date_default_timezone_set(‘America/Los_Angeles’);
      echo date(“D M j G:i:s T Y”);

      Catatan:
      Pilih satu cara saja.

  4. Wah2 ini dia distro indo yang bikin saya jatuh cinta ama fedora :)

  5. Hari says:

    Kalau ada IGN berbasis Debian/Ubuntu, kami bersedia memasang secara permanen di Lab. Komputer sekolah kami. Saat ini kami menggunakan Linux Mint 14 untuk dua laboratorium, namun tentu saja kami lebih tertarik untuk menggunakan produk dalam negeri seperti Blankon atau IGOS Nusantara. Kami mempertimbangkan untuk memakai OS dengan default desktop yang wajar (MATE, Cinnamon, XFCE), repository yang cukup ringkas untuk dibuatkan local-mirrornya dan mampu mengimplementasikan teknologi terbaru.

  6. bara says:

    cara install software lainnya gimana? kalau di ubuntu pake software cednter atau pake terminal dengan apt-get install. Kalau di igos gimana ya?

Leave a Reply


seven × 1 =

.