IGOS Nusantara 2011 update

IGOS Nusantara R6.0 ke R6.0.1

IGOS Nusantara tersedia dalam dua jenis yaitu jenis LiveCD dan Instalasi. Untuk IGOS Nusantara 2011 peluncuran jenis LiveCD dan Instalasi tidak dilakukan bersamaan, penyebabnya karena perlu melakukan beragam pengujian. Versi final IGN2011 LiveCD adalah versi yang pertama kali tersedia. Sebagaimana telah banyak diketahui versi final memakai kode rilis R6.0.  ISO image IGN2011 LiveCD tersedia tanggal 14 Juni 2011. Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 24 Juni 2011  muncul IGN2011 DVD instalasi. Saat tersedia DVD instalasi, secara bersamaan dilakukan beberapa pembaruan terhadap LiveCD sehingga keduanya memakai versi R6.0.1.

IGOS Nusantara R6.0.1a

Kemunculan LiveCD, DVD instalasi kemudian pada tanggal 30 Juni 2011 dilanjutkan dengan tiga jenis IGOS Nusantara lainnya, sehingga seluruhnya menjadi lima jenis. Penambahan tiga jenis ini diikuti dengan beberapa pembaruan, sehingga kelima jenisnya memakai versi R6.0.1a[1].  Lima jenis IGOS Nusantara telah tersedia dalam bentuk ISO image, yaitu:

  1. IGN2011-CD-instalasi-gnome-R6.0.1a.ISO
  2. IGN2011-CD-instalasi-konsol-R6.0.1a.ISO
  3. IGN2011-DVD-instalasi-R6.0.1a.ISO
  4. IGN2011-LiveCD-GNOME-R6.0.1a.ISO
  5. IGN2011-LiveCD-LXDE-R6.0.1a.ISO

Jenis-jenis IGOS Nusantara

IGOS Nusantara LiveCD dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan instalasi atau pemasangan ke harddisk. Penggunaan LiveCD cukup mudah, masukkan LiveCD ke CDROM Drive, lalu lakukan booting dari LiveCD. Setelah LiveCD memunculkan Desktop, pengguna dapat langsung melakukan aktifitas mengetik, memutar file audio dan video, mengakses Internet dan sebagainya. Jika pengguna ingin memasang LiveCD ke harddisk, tersedia aplikasi “Instal ke Hard drive” yang akan melalukan proses instalasi dari LiveCD.

IGOS Nusantara DVD instalasi berfungsi untuk melakukan instalasi ke harddisk dan sekaligus sebagai gudang aplikasi atau repositori. DVD instalasi menyediakan beragam pilihan instal, pilihan instalasi default (paling atas atau nomor satu) akan memasang paket atau aplikasi seperti yang ada di LiveCD, pilihan default ini akan menghasilkan sistem yang hampir sama dengan proses instal dari LiveCD. Pilihan berikutnya di DVD instalasi adalah instal memakai desktop GNOME Plus, KDE, dan LXDE. Pilihan GNOME Plus akan memasang aplikasi seperti pada pilihan default ditambah aplikasi lainnya.

IGOS Nusantara awalnya dirancang sebagai sistem operasi untuk Desktop. Saat ini IGOS Nusantara dapat juga dipasang sebagai sistem operasi server. Admin server yang terbiasa bekerja melalui konsol atau terminal dapat memasang IGOS Nusantara versi konsol atau terminal. Pilihan instalasi konsol ini hanya memasang aplikasi sebanyak 200 berkas rpm, atau kurang dari 20% jumlah berkas rpm yang terpasang di LiveCD. Setelah instalasi versi konsol selesai dan melakukan booting ulang, komputer server selanjutnya dapat diisi aplikasi server yang telah tersedia di repositori.

Taut
[1] http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/2011/R6.0.1a/

You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “IGOS Nusantara 2011 update”

  1. gadgetboi says:

    seandainya unetbotin bisa dipakai untuk igos …

    • ns says:

      Info tentang membuat LiveUSB dari sistem operasi lain,
      misal dari Windows sudah pernah ditulis
      grup IGOS Nusantara di facebook[1]. Berikut kutipannya:
      “Aryo Saptoaji:
      perihal instal IGN 2011 tanpa melalui CD/dvd drive, tapi menggunakan usb,
      saya menggunakan tool LIVE USB CREATOR dari fedora untuk versi terbaru 3.11.1
      https://fedorahosted.org/liveu​sb-creator/, suport untuk fedora 15 dan
      berbentuk .exe jadi bisa di instal di window dan tidak butuh ketikan kode2
      Linux yang rumit.
      semoga membantu, salam.”

      [1] Ada di: http://www.facebook.com/?sk=group_139099609472223

  2. gadgetboi says:

    udah saya coba via live usb creator :D jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan unetbootin. proses instalasinya pun ke laptop via usb tidk lebih dari 5 menit! kok bisa cepat sekali yah? apakah pengaruh gnomeshell yang baru?

    • ns says:

      IGN2011 LiveCD/LiveUSB melakukan beberapa proses
      agar ISO image ringkas. Ada sekitar 150-200 MB library/pustaka/
      terjemahan bahasa lain yg tidak dipakai dan dibuang.

      Bahkan untuk IGN2010 LiveCD proses instalasi dibawah 4 menit.

      Ujicoba booting IGN2011 LiveCD di netbook sampai
      muncul Desktop lengkap sekitar 45 detik.

  3. Adi says:

    Izin ngeposting atrikelnya di blog http://grahaiptek.blogspot.com/ !
    +++Maju Terus Buat IGN+++

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

.