IGOS Nusantara OpenGeo

IGOS Nusantara OpenGeo atau IGN OpenGeo adalah distro IGOS Nusantara X9 yang dikemas atau bundle dengan perangkat lunak open source OpenGeo. OpenGeo Suite merupakan paket perangkat lunak open source yang terdiri dari beberapa perangkat lunak geospasial berbasis kode terbuka yang digunakan untuk mempublikasikan data spasial secara daring. OpenGeo Suite ini membantu dalam manajemen basisdata, pembuatan servis dan menampilkan data di dalam WebGIS.

Perangkat lunak yang terdapat pada OpenGeo Suite terdiri dari:

  1. PostGIS: PostGIS adalah sebuah sistem basis data spasial yang bagas (robust). Sistem ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan penyimpanan data spasial kedalam suatu sistem basis data.
  2. GeoServer: GeoServer adalah sebuah aplikasi server yang memungkinkan penggunanya untuk mempublikasikan data geospasial.
  3. GeoExplorer: GeoExplorer adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan data spasial dengan menggunakan sistem kerja WMS.
  4. GeoWebCache: GeoWebCache adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan tampil peta yang disimpan di dalam OpenGeo, dengan cara menyimpan gambar yang sering diakses.

IGN OpenGeo disediakan dalam bentuk media LIVE. Pengguna yang akan memakai atau mencoba harus mengunduh ISO image, kemudian membakar ISO image ke DVD kosong. Agar proses lebih lancar dan cepat, disarankan ISO image dimasukkan/dibuat menjadi LiveUSB.

Tujuan
IGOS Nusantara OpenGeo dibuat untuk pengguna yang akan mencoba dan memakai perangkat lunak GIS dengan mudah dan cepat. Pengguna yang ingin mencoba OpenGeo dapat langsung melakukan booting dari DVD atau LiveUSB secara langsung tanpa perlu melakukan instalasi ke harddisklebih dulu.

Unduh
Ada di: http://repo.igos-nusantara.or.id/opengeo/

Info Rilis
IGOS Nusantara OpenGeo RC 2013-05-20
+ Perbaikan konfigurasi PostgreSQL
+ PostgreSQL dapat langsung diakses

IGOS Nusantara OpenGeo Beta 2013-05-12
+ Perbaikan tema desktop
+ Perbaikan ikon
+ Perbaikan konfigurasi repositori
+ Perbaikan terhadap bug proses instalasi
+ Menambahkan libreoffice
+ Seting firewall dibuat off (dimatikan)
+ Pasca instalasi akan memakai bahasa Inggris

IGOS Nusantara OpenGeo Alfa 2013-05-05
+ Memakai basis RHEL/CentOS 6.4
+ IGN OpenGeo LIVE32 untuk prosesor 32 bit
+ IGN OpenGeo LIVE64 untuk prosesor 64 bit

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “IGOS Nusantara OpenGeo”

Leave a Reply


× 9 = forty five

.